Rabu, 13 Februari 2013

KHASIAT REMPAH-REMPAH

5 Rempah-Rempah yang Memiliki Segudang

Buat apa mengkonsumsi obat-obatan di apotik kalau ternyata dapurmu sendiri bisa menyediakan obat super mujarab untuk membantu meringankan atau bahkan menyembuhkan penyakit yang sedang kamu derita? Sebenarnya ada sangat banyak rempah-rempah yang bisa menjadi obat alami, tetapi saya memberikan 5 contoh rempah yang bisa memberikan manfaat besar bagi kesehatanmu. Ini dia nih!
1. Oregano
Bumbu Italia ini ternyata punya khasiat untuk menghilangkan bau mulut loh! Selain itu, oregano dianggap sebagai salah satu obat herbal yang paling ampuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa oregano bisa melindungi mulut dari bakteri yang kurang baik dan juga telah terbukti dapat memerangi plak gigi, faktor utama penyebab bau mulut.
Manfaat lain oregano adalah dapat menyembuhkan tenggorokan yang bengkak, batuk, insomnia, dan sakit kepala. Hebatnya lagi, oregano mengandung antioksidan yang sangat kuat. Menurut suatu sumber, oregano memiliki antioksidan 42 kali lebih banyak dibanding apel, 30 kali lebih banyak dibanding kentang, 12 kali lebih banyak jeruk, dan 4 kali lebih banyak dari blueberry.
2. Basil
Basil adalah tanaman asli India dan dianggap sebagai ramuan dan tanaman suci di sana. Basil banyak memiliki manfaat untuk kesehatan terutama dikarenakan senyawa fitonutrien yang terkandung di dalamnya. Tanaman herbal ini sangat baik bagi kulit, rambut, tulang, sistem imun tubuh, dan pencernaan. Basil juga melindungi tubuh dari perkembangan bakteri yang tidak diinginkan dan dimanfaatkan pula dalam obat antibiotik. Manfaat utama daun basil adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung.
Orang yang lagi pilek atau punya penyakit asma bisa coba minum teh basil untuk mempermudah pernapasan dan memperkuat paru-paru. Basil juga memiliki efek menenangkan syaraf, meredakan sakit kepala, menurunkan demam, dan mempercepat penyembuhan kulit dari gigitan serangga ataupun infeksi.
Tanaman ini masih ada hubungan darah dengan kemangi. Walaupun beda spesies, tetapi basil dan kemangi masih berada dalam 1 genus (Ocimum). Basil mengandung zat besi, kalsium, vitamin (terutama Vitamin K dan Vitamin C), potasium, serat, magnesium, dan mangan.
3. Jahe
Buat kamu yang lagi mual, diare, atau sakit perut, maka saya anjurkan kamu untuk mengkonsumsi jahe. Khasiat jahe sangat luar biasa, bahkan jahe bisa mencegah mual dan muntah bagi ibu hamil, pasien yang baru saja operasi dan kemoterapi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa jahe dapat mencegah kanker kulit, ovarium, usus besar, dan payudara (masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasinya), serta dapat mencegah penyakir Alzheimer.
Sejuta manfaat jahe lainnya antara lain adalah obat untuk mabuk saat perjalanan, gangguan pencernaan, masuk angin, kolik, iritasi usus, hilang nafsu makan, mengigil, kedinginan, flu, sirkulasi darah yang buruk, kram saat menstruasi, dispepsia (begah, perut kembung, dan mulas), gangguan pencernaa, sakit kepala, sakit gigi, batuk, radang sendi, bronkitis, osteoarthitis, rheumatoid arthritis, meringankan tendonitis, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta membantu mencegah pembekuan darah dalam tubuh.
4. Kunyit
Kunyit merupakan antioksidan yang kuat dan bekerja sebagai zat anti-inflamasi. Orang dengan masalah hati (bukan patah hati loh ya ^^) atau hepatitis juga disarankan mengkonsumsi kunyit karena dapat meningkatkan produksi cairan empedu dalam hati dan melindunginya dari racun.
Lagi bete, galau, esmosi? Buruan konsumsi kunyit, karena kunyit telah lama digunakan sebagai obat untuk mengatasi depresi di Cina. Kunyit juga merupakan antiseptik dan anti-bakteri alami, sangat berguna sebagai disinfektan luka akibat benda tajam maupun luka bakar, serta mempercepat penyembuhan luka dan pembentukan ulang kulit yang rusak.
Kunyit dapat mencegah dan memperlambat penyakit Alzheimer dengan memindahkan plak amiloid yang menumpuk di otak, menghentikan pertumbuhan pembuluh darah baru dalam tumor, mengurangi resiko leukimia, obat penghilang rasa sakit alami, meningkatkan efek obat kemoterapi paclitaxel tapi juga mengurangi efek sampingnya.
5. Kayu Manis
Menurut sebuah penelitian, makan 1/2 sendok teh kayu manis setiap hari secara signifikan dapat menurunkan gula darah pada orang yang memiliki diabetes tipe II. Rempah berbau wangi ini juga bisa menurunkan kolesterol, menjaga gigi dan gusi tetap sehat, meningkatkan fungsi pencernaan, dan meredakan hidung tersendat karena pilek dan alergi, zat anti-inflamasi, serta meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, kayu manis memiliki efek anti-beku dalam darah serta dapat menghentikan infeksi jamur.
Dalam sebuah penelitian di Universitas Kopenhagen, seorang pasien penderita arthtitis diberikan 1/2 sendok teh kayu manis dicampur dengan 1 sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan. Ternyata ramuan tersebut membantu meredakan nyeri arthritis setelah dikonsumsi selama seminggu. Sebulan kemudian, pasien dapat berjalan tanpa merasakan rasa sakit sama sekali.
Mencium aroma kayu manis bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif dan ingatan seseorang. Kayu manis merupakan sumber besar mangan, serat, besi, dan kalsium.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar